Langsung ke konten utama

DI BALIK ROCK


Musik rock telah menjadi bagian dari keseharian. Musik rock dihadirkan dalam rupa iklan komersial, soundtrack film, hingga kampanye-kampanye politik. Kebisingan, semangat, dan warna-warni asesoris yang dikenakan musisi rock telah menjadi bentuk-bentuk kesenangan dan hiburan baru bagi khalayak dari berbagai kelas sosial. Di samping itu musik rock juga kerap diintegrasikan dalam peristiwa-peristiwa besar bernuansa politis. Baca selengkapnya

Pelibatan musik rock dalam rangkaian acara-acara politik misalnya untuk menyebut beberapa tampak dalam event sehari sebelum pelantikan Obama sebagai presiden Amerika Serikat digelar konser musik yang menghadirkan Bono (vokalis U2), Stevie Wonder dan lainnya; penutupan Piala Dunia di Beijing China menampilkan ikon bintang pop Inggris Leona Lewis dan jadi ajang unjuk kepiawaian Jimmy Page bermain gitar (gitaris Led Zeppelin).

Sementara itu negarawan-negarawan besar dunia banyak yang menggilai musik rock. Mendiang Hávlac Havel, mantan presiden Republik Ceko, mungkin layak dicatat di sini. Selain sebagai seorang seniman Havel adalah kawan dekat musisi-musisi rock legendaris seperti Lou Reed mantan pentolan Velvet Underground, Mick Jagger, Frank Jappa, mendiang Michael Jackson hingga Madonna. Tak hanya Havel, Abdurrahman Wahid, di samping piawai membaca "kitab kuning" dan penggemar berat Vina Vanduwinata adalah juga pengagum lagu-lagu Janis Joplin dan Guns N Roses.

Mengingat musik rock sering diidentikkan dengan aksi hura-hura, urakan, dan ingar-bingar mengapa justru musik rock justeru  menjadi elemen penting dalam konteks komunikasi politik? Mengapa rock demikian cepat bertransformasi menjadi bentuk paling vital dari kebudayaan populer?

Jawabnya, seperti disebutkan Simon Frith pelopor bidang kajian sosiologi rock, karena rock mengungkapkan perjuangan terkait kedudukannya selain sebagai bentuk penyadaran-diri dan pembebasan individual juga sebagai sumber solidaritas atas rangkaian kekecewaan-kekecewaan yang bersifat aktif dan massif.

Sementara itu Peter Wicke (1993), menegaskan bahwa proses perekaman lagu-lagu rock bukan obyek-obyek yang terasing dari anasir-anasir sosial-budaya sekitarnya; ekspresi rock merupakan simtom-simtom perluasan kultural yang memperlihatkan dirinya berbanding lurus situasi  sosial-politik aktual, berhubungan erat dengan lingkungan tertentu dari para pengagumnya. Dengan kata lain, musik rock bukan obyek kenikmatan kontemplatif atas 'seni' yang terpisah dari kehidupan sehari-hari; lagu-lagu rock sekaligus juga bukan subyek bagi kontemplasi (permenungan).

Kebaruan dari musik rock, jika ditinjau dari awal kemunculannya pada akhir 1940-an, terlihat dari hubungannya dengan perangkat komunikasi massa seperti studio rekaman, radio, televisi, juga film. Implikasinya musik rock menempatkan aspek estetis dan hakikat musiknya pada peranan besar teknologi dalam rangka menghasilkan sound yang memikat setelah dipadukan dengan rhythm sebagai komponen inti.

Lagu-lagu rock sendiri adalah teks-teks kultural dalam bahasa profan yang tertuang dalam "gesture, aneka citra, suara, dan ide mutakhir yang dikaitkan dengan unsur-unsur yang dipandang mengecewakan dari hidup keseharian demi apa yang disebut sebagai "'peristiwa-peristiwa tanpa prestise'".

Terkait industri, musisi-musisi rock kerap menempatkan dirinya bukan sebagai pihak yang mau diperlakukan layaknya jongos bagi para pembesar pemilik kapital. Sebaliknya musisi-musisi rock memosisikan dirinya sebagai negosiator-negosiator handal.

1965 grup musik The Who yang diarsiteki Pete Townshend menelurkan tembang My Generation. My Generation menjadi semboyan kawula muda masa itu yang menisbahkan dirinya dengan sebutan The Mods berikut kecenderungan sub-kulturnya. The Mods bersama-sama Teddy Boys, Rockers, Crombies, Punk, dan Skinheads berupaya menjadi benteng pertahanan para pemuja rock dalam kemelut merobohkan tatanan sosial yang disokong ideologi borjuis.

Meski demikian, seniman rock, yang kebanyakan justru berlatar belakang "petit bourgeois" (borjuis kecil) itu nyatanya tak menelan bulat-bulat pengalaman para audiensnya. Mereka terlebih dulu melakukan penyaringan, penyesuaian-penyesuaian dengan sudut pandang sosial politik dan karakter artistik yang dianut masing-masing musisi.

Sebagai ilustrasi jalanan kota-kota besar di Eropa dan Amerika era ahir 1960-an hingga awal 1970-an tak dapat dilepaskan dari pelbagai gerakan yang didukung antara lain oleh gugus pemikiran dari misalnya Frantz Fanon, Malcolm X, Jean-Paul Sartre, Albert Camus, dan Herbert Marcuse yang kemudian meledak menjadi suatu gerakan revolusioner kaum muda di bawah panji Kiri Baru berikut semboyan-semboyan budaya-tandingan seperti Generasi Bunga, Baby Boomers, Make Love Not War! Hippies hingga revolusi seks.

Dari konteks sosio-politik tersebut lahirlah karya-karya cemerlang seperti Sgt Pepper's Lonely Hearts Club Brand, Revolution, (Beatles); Street Fighting Man, Gimme Shelter (Rolling Stones); A Saucerful of Secrets (Pink Floyd); Me and Bobby McGee (Janis Joplin); eksperimen-eksperimen Jimi Hendrix; lagu-lagu Jim Morrison, Bob Dylan, hingga John Lennon dan Yoko Ono yang pada 1972 mengeluarkan album Sometime in New York City.

Terhadap fenomena di muka Simon Frith berpandangan bahwa rock sejak itu bertansformasi menjadi sesuatu yang lebih dari sekedar pop, dan lebih dari sekedar rock n roll. Musisi-musisi rock mengombinasikan kemampuan dan teknik bermusik dengan konsep seni romantis yang bertumpu pada pengungkapan individual, original, genuine dan tanpa hasrat memerkaya diri secara membabi-buta. (Khudori Husnan)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hamsad Rangkuti dan Dua Cerpennya

Hamsad Rangkuti adalah salah satu penulis cerita pendek terbaik dan otentik. Ia, satu dari sedikit cerpenis kita yang mau dan mampu merumuskan pertanggungjawaban kepengarangannya secara cerdas dan tangkas. Ia cuplik satu fragmen kecil tentang dan dari  kehidupan sehari-hari lalu menuangkannya dalam sebuah Cerpen yang mengesankan. Cerpennya relatif tak berurusan dengan perkara-perkara besar dalam peta besar pemikiran misal menyangkut ideologi besar, pertentangan adat, kesamaan hak, atau lainnya.  Tapi, kendati demikian di balik cerpen-cerpennya yang sederhana tersirat begitu banyak suara, membuka peluang aneka tafsir. "Malam Takbir" (1993), "Reuni" (1994) keduanya di dalam buku "Kurma, Kumpulan Cerpen Puasa-Lebaran Kompas" (Kompas:2002) adalah Cerita pendek yang unik. Secara teknik keduanya bisa dibaca sendiri-sendiri tapi dapat pula dinikmati sebagai sebuah kesinambungan, semacam dwilogi. Berlatar hari-hari terakhir ramadan kedua Cerpen bertut...

MERENTANG SAJAK MADURA-JERMAN; CERITA KYAI FAIZI MENAKLUKAN JERMAN

Siapa Kyai Faizi? Ia seorang penyair. Tak cuma itu ia selain menguasai instrumen bass, disebut basis, juga ahli bis, orang dengan kemampuan membaca dan menuliskan kembali segala hal tentang bis seperti susunan tempat duduk, plat nomor, perilaku sopir berikut manuver-manuver yang dilakukan, ruangan, rangka mesin, hingga kekuatan dan kelemahan merk bis tertentu. Terakhir, ia seorang kyai pengasuh pondok pesantren dengan ribuan santri. Ia juga suka mendengarkan lagu-lagu Turki. Pria ramping nan bersahaja ini lahir di desa Guluk-Guluk, Sumenep, Madura. Sebagai penyair ia  telah membukukan syair-syairnya dalam bunga rampai Tuah Tara No Ate (Temu Sastrawan ke-IV, 2011); kumpulan puisi Delapanbelas Plus (Diva Press, 2007); Sareyang (Pustaka Jaya, 2005); Permaisuri Malamku (Diva Press, 2011) yang terbaru adalah Merentang Sajak Madura-Jerman Sebuah Catatan Perjalanan ke Berlin (Komodo Books, 2012).   Buku disebut terakhir merekam kesan-kesan Kyai Faizi  atas berbagai ...

Novel Mada: Sebuah Kegalauan Pada Nama

Cover Novel Mada Novel Mada, Sebuah Nama Yang Terbalik (Abdullah Wong, Makkatana:2013) benar-benar novel yang istimewa. Pada novel ini pembaca tak akan menemui unsur-unsur yang biasanya terdapat pada novel konvensional seperti setting, alur, penokohan yang jelas, dan seterusnya. Di novel ini penulis juga akan menemui perpaduan unsur-unsur yang khas prosa dan pada saat bersamaan dimensi-dimensi yang khas dari puisi. Penulisnya tampak sedang melakukan eksperimen besar melakukan persenyawaan antara puisi dengan novel. Sebuah eksperimen tentu saja selalu mengundang rasa penasaran bagi kita tapi sekaligus membangkitkan rasa cemas bagi pembaca. Kecemasan itu terutama bermuara pada pertanyaan apakah eksperimen penulis Mada cukup berhasil? Apakah ada sesuatu yang lantas dikorbankan dari eksperimen tersebut?  Uraian berikut ini akan mencoba mengulasnya. Dalam kritik sastra mutakhir terdapat salah-satu jenis kritik sastra yang disebut penelaahan genetis ( genetic criticism ). Pen...