Langsung ke konten utama

"Philoselfie"



Saat selfie (swafoto), orang biasanya hanya memotret bagian paling unik serta menarik dari dirinya dan ogah menjepret bagian-bagian yang menurutnya buruk dan memalukan hingga tak layak dibagikan pada orang lain.

Sampai saat ini jarang saya lihat foto selfie orang saat ia sedang menghayati ngupil atau menguap dengan mulut menganga maksimal.

Belum pernah juga saya lihat pose selfie orang saat menikmati aksi bersih-bersih sisa makanan yang nyangkut di sela-sela gigi.

Begitulah pemirsa.  

Apa-apa saja yang dipotret lalu dibagikan,  itulah yang disebut sebagai citra, sedangkan tindakan terus menerus memotret bagian paling menarik dari diri untuk kemudian secara sadar dibagikan ke orang lain disebut pencitraan.

Pembelahan citra dan pencitraan menyiratkan pertanyaan, dari citra yang tertangkap oleh mata, manakah yang paling mewakili karakter "ori" seseorang yang gemar berswafoto? Bermasalahkah kejiwaan orang yang setiap saat beraksi selfie?

Sebentar. Kita perjelas dulu duduk perkaranya.

Selfie berupaya menampilkan sesuatu yang menarik. Tapi, selfie juga bermaksud menyembunyikan dan merahasiakan sesuatu yang tak menarik dari diri seseorang. 

Tukang selfie teladan dengan begitu adalah orang yang piawai bermain di antara ketegangan menampilkan dan menyembunyikan sesuatu. Ia mahir dalam urusan membuka dan menutup.

Kecenderungan orang untuk hanya menampilkan yang paling menarik dari dirinya, ternyata bukan murni bersifat intern dari si juru selfie. Para penyimak juga punya kecenderungan hanya mau melihat sesuatu yang menarik dan tak mau memerhatikan bagian tak menarik. 

Tukang selfie yang hanya memotret bagian paling menarik dari dirinya berdiri sejajar dengan orang lain yang hanya ingin melihat sesuatu yang menarik. 

Charlie Chaplin pernah bilang, terjemahan bebasnya kira-kira, kehidupan adalah sebuah tragedi saat diamati secara close-up, tapi komedi ketika diamati secara long-shot". 

Amati dua  foto jenis selfie milik orang lain bisa teman, keluarga, pacar atau diri sendiri. Satu secara close up bahkan close-up maksimal sampai pori-porinya tampak, satu lagi jenis selfie yang diambil dari jarak ideal. Perhatikan dalam-dalam. Lalu rasakan bedanya. 

Kekaguman mungkin akan muncul saat melihat foto selfie dari jarak ideal. Sebaliknya, saat melihat foto selfie extra-close up, perasaan mengejutkan akan muncul. Betapa menyedihkan dia.

Kendati Chaplin bicara tentang angle dan jarak pengambilan gambar, apa yang diucapkan relevan dengan kemampuan "buka-tutup" juru selfie.

Tidak perlu repot-repot mencari tahu bagian paling  tidak menarik dan buruk di balik sesuatu yang menarik dan coba ditampilkan oleh ahli selfie.

Bahkan, ketika yang buruk-buruk itu  sekuat tenaga coba disembunyikan, dari sebuah pengamatan yang terperinci dan jujur, yang buruk-buruk itu seolah-olah terus meronta, menghentak, dan menyeru menuntut juga untuk diamati dan dikenali. 

Mengapa bisa begitu?

Ini semua bermuasal dari piranti kamera yang kalian punya. 

Tentang kamera Walter Benjamin dalam salah satu esay berpengaruhnya menulis "kamera juga mengenalkan kita pada optik ketidaksadaran seperti psikoanalisa pada impuls-impuls ketidaksadaran."

Wassalam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hamsad Rangkuti dan Dua Cerpennya

Hamsad Rangkuti adalah salah satu penulis cerita pendek terbaik dan otentik. Ia, satu dari sedikit cerpenis kita yang mau dan mampu merumuskan pertanggungjawaban kepengarangannya secara cerdas dan tangkas. Ia cuplik satu fragmen kecil tentang dan dari  kehidupan sehari-hari lalu menuangkannya dalam sebuah Cerpen yang mengesankan. Cerpennya relatif tak berurusan dengan perkara-perkara besar dalam peta besar pemikiran misal menyangkut ideologi besar, pertentangan adat, kesamaan hak, atau lainnya.  Tapi, kendati demikian di balik cerpen-cerpennya yang sederhana tersirat begitu banyak suara, membuka peluang aneka tafsir. "Malam Takbir" (1993), "Reuni" (1994) keduanya di dalam buku "Kurma, Kumpulan Cerpen Puasa-Lebaran Kompas" (Kompas:2002) adalah Cerita pendek yang unik. Secara teknik keduanya bisa dibaca sendiri-sendiri tapi dapat pula dinikmati sebagai sebuah kesinambungan, semacam dwilogi. Berlatar hari-hari terakhir ramadan kedua Cerpen bertut...

Kwatrin Ringin Contong; Visi Maksimal Di Balik Puisi Minimal

Pengantar Buku kumpulan puisi Kwatrin Ringin Contong (Penerbit Miring dan Ar-Ruzz Media, 2014, selanjutnya disingkat KRC) menandai kembalinya Binhad Nurrohmat meramaikan panggung perpusian tanah air. Lewat  buku kumpulan puisi terbarunya ini Nurrohmat tampak  berupaya mengingatkan kembali arti penting “epik” dalam artikulasi estetis khususnya puisi. Nurrohmat terlanjur lekat dengan model puisi yang membabar aneka kawasan di mana nyaris tak seorang penyair pun mau dan mampu secara jujur, terbuka, dan percaya diri  menyelaminya; sebuah kawasan yang kerap dicitrakan sebagai liar, vulgar, jorok, dan menjijikan.  Walhasil, kehadiran KRC menjadi momentum kelahiran kembali puisi-puisi dari Nurrohmat dalam bentuk yang baru. Tapi, benarkah demikian? Untuk menjawab ini perlu ditelusuri kedudukan KRC di antara karya-karya Nurrohmat lainnya. Dari Kuda Ranjang ke Ringin Contong Beberapa buku kumpulan puisi yang sukses menempatkan penyair kelahiran Lampung 1 Janua...

FILM OPERA 'TURANDOT'

Oleh: Rangga L. Utomo (Mahasiswa Pascasarjana STF Driyarkara) sumber gambar: amazon “Tanpa keutamaan, teror itu membinasakan; tanpa teror, keutamaan itu tak berdaya.” [Robespierre. Laporan kepada sidang dewan, 5 Februari 1794] Turandot adalah opera tiga babak karangan Giacomo Puccini, ditujukan pada libretto Italia Giussepe Adami dan Renato Simoni, didasarkan pada naskah drama karangan Carlo Gozzi. Pengerjaan opera ini tidak dirampungkan oleh Puccini yang keburu meninggal terkena kanker tenggorokan dan pengerjaan naskah tersebut diteruskan oleh Franco Alfano. Pergelaran perdananya ditampilkan di Teatro alla Scalla, Milan tanggal 25 April 1926, dikonduktori oleh Arturo Toscanini.  Selengkapnya